SUGENG RAWUH

Boleh CoPas tapi jangan rakus dan tetep ikuti etika. (cantumkan alamat blog yang bersangkutan) alias ga boleh mengakui hasil kerja orang.

Sabtu, 07 Januari 2012

Kecerdasan Existensial

KECERDASAN EKSISTENSI

Kecerdasan Eksistensial adalah kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan –persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia. Orang tidak puas hanya menerima keadaanya, keberadaanya secara otomatis,tetapi mencoba menyadarinya dan mencari jawaban yang terdalam. Pertanyaan itu antara lain :
a.       Mengapa aku ada,
b.      mengapa aku mati,
c.       apa makna dari hidup ini,
d.      bagaimana kita sampai ke tujuan hidup.
Intelegensi ini tampaknya sangat berkembang pada banyak filusuf, terlebih filusufeksistensialis yang selalu mempertanyakan dan mencoba menjawab  persoalan eksistensi hidubmanusia. Filusuf-filusuf seperti Sokrates,Plato, Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Kidi, Ibnu Rusyd, Thomas Aquinas, Descartes, Kant, Sartre, Nietzsche termasuk mempunyai intelegensi eksistensial tinggi.
Anak yang menonjol dengan intelegensi eksistensial akan mempersoalkan keberadaanya ditengah alam raya yang besar ini. Mengapa kita ada di sini? Apa peran kita di dalam dunia yang besar ini? Mengapa aku ada di sekolah, ditengah teman-teman, untuk apa ini semua? Anak yang menonjol di sini serinf kali mengajukan pertanyaaan yang jarang di piirkan orang, termasuk gurunya sendiri. Misalnya, tiba-tiba ia bertanya, “ manusia semua akan mati? Kalau semuanya akan mati, Untuk apa aku hidup? “
Dimensi Kecerdasan Eksistensi
Kecerdasan eksistensi sangat berpengaruh  atas sebuah penghormatan. Kehormatan ,kewibawaan dan penghargaan atas seseorang sangat ditentukan oleh seberapa besar orang tersebut menghargai orang lain. Semakin orang menghargai dan menganggap keberadaan seseuatu,maka sebesar itu pula orang dan lingkungan sekitar akan menghargai atas keberdaanya.Seseorang yang mempunyai kecerdasan eksistensi yang tinggi dia akan mampu menempatkan dirinya pada posisi dimana orang dan lingkungan sekitar senantiasa menghargai dan menganggap keberadaanya.dalam hal ini Kecerdasan eksistensi dibagi  dalam dua dimensi , yaitu Dimensi Internal dan dimensi eksternal.

a.       Dimensi Internal
Dimana seseorang harus menyadari jatidirinya sendiri. Seseorang harus paham dengan sebenar-benarnya siapakah dirinya.apa yang di inginkanya,apa tujuan yang hendak di capai.sebatas mana kemampuanya.dan mampu menempatkan dirinya di tempat yang tepat sesuai dengan kemampuan dan tingkatanya.
b.      Dimensi eksternal
Dimana seseorang mampu mengetahui dan menyadari segala sesuatu di sekelilingnya dan menganggap keberadaan nya.Sesuai dengan tingkatanya masing-masing.sehingga tidakterjadi permasalahan  mendalam dan ketersinggungan.
Pengembangan Kecerdasan Eksistensi
Kecerdasan  eksistensial dapat diwujudakan dengan mengajak siwa mempertanyakan soal keberadaanya,Misalnya,dalam topic evolusi, mengajak siswa untuk mempersoalkan apakah kejadian manusia dan kita ini juga melalui evolusitersebut? Dalam topic keadilan, siswa diajak untuk mempertanyakan apakah sitasi ketidak adilan itu sesuai dengan hidup manusia dan membantu manusia untuk sampai ke tujuanya?
Banyak-banyak mmbaca buku agama, filsafat, dan buku-buku rohani dapat membantu mengembangkan kecerdasan eksistensial
Ciri – cirri Kecerdasan Eksistensi
Inteligensi eksistensial lebih menyangkut pada kepekaan dan kemampuan seseorang dalam menjawab persoalan-persoalan terdalam mengenai eksistensi manusia. Orang yang mempunyai kecerdasan eksistensi mencoba menyadari dan mencari jawaban yang terdalam.

Ciri-ciri :
a.       Mempertanyakan hakekat segala sesuatu
b.      Mempertanyakan keberadaan peran diri sendiri di alam/ dunia
c.       Kalau bekerja sering bicara dengan diri sendiri.
d.      Lebih tenang danmenguasai diri
e.       Lebih cenderung mengutamakan kepentingan keyakinan atau agama
f.       Mampu menempatkan diri disetiap situasi  dan lingkungan

.

Daftar Pustaka
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2123241-kecerdasan-lingkungan-dan-eksistensi/
http://judicalsophie.wordpress.com/2009/02/03/macam-macam-kecerdasan/
http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-118661.html
http://www.zimbio.com/member/aguz3arzo/articles/4102474/Inteligensi+Ganda+Multiple+Intelligence
http://ayahbundacerdas.com/2010/10/multiple-intelligences-kecerdasan-eksistensial/#postcomment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar